Novel

Novel Lanang adalah buku novel pertama Yonathan Rahardjo yang diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Alvabet pada 2008. Menurut Profesor Filsafat Dr Bambang Sugiharto dari Universitas Pajajaran dengan membaca ‘Lanang’, “… perlahan-lahan kita akan terseret ke dalam irama penataan tegangan dan pengolahan jaringan tematik yang pelik, yang sesungguhnya mendalam, sangat imajinatif dan mengesankan. Bahkan, sisi substansi tematik itulah yang menonjol pada novel ini, unsur yang -antara lain- telah menjadikannya salah satu pemenang Sayembara Novel DKJ (Dewan Kesenian Jakarta) 2006. Tema rekayasa genetika dan pengolahan alur ceritanya yang memadukan unsur thriller dengan eksplorasi persoalan-persoalan pelik pada ranah psikologi, agama, bisnis, sosial dan politik itu mendudukannya pada posisi unik dalam khasanah sastra Indonesia.”

Novel Taman Api juga diterbitkan Penerbit Pustaka pertama kali pada Mei 2011, mengisahkan kaum waria yang mendapat stigma negatif nyaris di semua lingkungan masyarakat. Anggapan sebagai patologi sosial, perusak moral, pencemar kesehatan, dan menyalahi kodrat Tuhan membuat kaum waria terpinggirkan dan terisolasi. Walhasil, kehidupan mereka pun tak banyak diketahui khalayak. Taman Api menggambarkan sisi-sisi tersembunyi kehidupan waria yang demikian kompleks. Dengan pendekatan kritis, novel ini tak hanya menyuguhkan “abnormalitas” kehidupan waria dari beragam segi, tapi juga menguak praktik-praktik picik dan ilegal yang menempatkan kaum waria sebagai obyek penderita: misi rahasia berkedok agama untuk melenyapkan waria melalui bisnis gelap bedah kelamin berikut segenap teknologi turutannya. Dengan gaya penulisan yang khas dipadu pendekatan investigatif dan konspiratif, rahasia-rahasia yang menyembul dari novel ini ihwal sisi-sisi kabur kehidupan waria dengan segudang problematikanya akan membuat Anda terperangah tiada terkira.

Novel Wayang Urip (2012) yang diterbitkan oleh Gus Ris Foundation Bojonegoro dapat dikaitkan dengan tesis yang membahas Novel Lanang karya Yonathan Rahardjo berjudul “Sikap Terhadap Sains dan Folklor Tradisional dalam Novel-Novel Fiksi Sains Kontemporer Indonesia” oleh Sandya Maulana yang memperoleh gelar Magister Humaniora di Program Pascasarjana Program Studi Ilmu-ilmu Sastra Universitas Padjajaran Bandung dibimbing oleh Sapardi Djoko Damono, Guru besar sastra dan sastrawan terkemuka Indonesia yang juga menulis sastra Jawa. Kebenaran pernyataan tesis tersebut dalam hal orang Jawa dan bahasa serta budaya Jawa yang dipersembahkan oleh Yonathan Rahardjo tampak dalam novel berbahasa Jawa ini. Dengan membaca novel ini Anda akan dibuat terkesima dan mendapatkan faedah tiada terkira.

Iklan

21 thoughts on “Novel

  1. Hallo… Mas Yonathan. Salam kenal saya sampaikan, semoga ini menjadi tali silaturrahim dan persahabatan saya dengan sampean.

    [Salam Sejahtera dari Kairo]
    -Wafie El-Luthfy-

    1. Hai joni,msh ingat aq?tmn di 1-4 dl,aq bangga bgt,tmnku yg ptr ini selain drh jg sastrawan..aq dah duga dr dl kl kelak kamu jd org sukses

  2. Salam tiga jari, Jorg!

    Sekaligus untuk menjawab penantian sejak pengumuman Lanang sebagai salah satu Pemenang Lomba Novel DKJ 2006 pada 9 Maret 2007, maka pada tanggal 29 April 2008 Lanang sudah keluar dari percetakan dan Penerbit Pustaka Alvabet.
    Sekarang sudah beredar di toko Buku Gramedia, Gunung Agung, Karisma.
    Selamat memiliki, membaca dan menikmati…

  3. salam kenal bung. kebetulan saya dapat hadiah novel LANANG dari alvabet. tetapi sayang, saya belum sempat membaca. kemarin saya juga hadir dalam peluncuran novel tsb di TIM. rencana novel LANANG akan saya resensi atau buat dalam bentuk esai.

    selamat berkarya……

  4. Salam kenal dan Terimakasih Bung Mursidi…

    Semoga peluncuran tempo hari bermanfaat bagi Bung dan kita semua, seperti halnya harapan kita terhadap Novel Lanang.

    Semoga keyakinan kita itu selalu menuntun kita menghadapi jaman-jaman seperti ini…

    Sukses selalu untuk Bung. selamat berkarya…

    yonathanrahardjo – Mei 27, 2008 at 10:39 pm e

  5. Kita lanangkan mereka -generasi muda negeri ini- biar tidak menjadi kaum yang terhegemoni.

    Dan itu akan kami mulai dari sini, tanah tumpah darah kami di Bojonegoro,

  6. Terimakasih Mr. Prauw…
    Demikianlah suatu perjuangan selalu dimulai dari tanah tempat kita dilahirkan dan dibesarkan. Dengan air dan darah kita melangkah … menyebar ke seluruh penjuru arah demi kemanusiaan dan kehidupan abadi yang penuh gairah…

    Merdeka!!!!

  7. Sekaligus untuk menjawab penantian sejak pengumuman Lanang sebagai salah satu Pemenang Lomba Novel DKJ 2006 pada 9 Maret 2007, maka pada tanggal 29 April 2008 Lanang sudah keluar dari percetakan dan Penerbit Pustaka Alvabet.Sekarang sudah beredar di toko Buku Gramedia, Gunung Agung, Karisma.Selamat memiliki, membaca dan menikmati…
    +1

  8. Sekaligus untuk menjawab penantian sejak pengumuman Lanang sebagai salah satu Pemenang Lomba Novel DKJ 2006 pada 9 Maret 2007, maka pada tanggal 29 April 2008 Lanang sudah keluar dari percetakan dan Penerbit Pustaka Alvabet.Sekarang sudah beredar di toko Buku Gramedia, Gunung Agung, Karisma.Selamat memiliki, membaca dan menikmati…
    +1

  9. What a wonderful blog. I spend hours on the internet reading blogs, about tons of different subjects. I have to first of all give kudos to whoever created your theme and second of all to you for writing what i can only describe as an post. I honestly believe there is a skill to writing articles that only a few posses and frankly you have it. The combination of informative and quality content is definitely extremely rare with the large amount of blogs on the internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s